Tugas Dasar Jurnalistik II


Fadly Conanda
0730421419

BUMN SALURKAN RP. 5,3 TRILIUN KEPADA UKM

Jakarta,
Sebagai bentuk partisipasi untuk membantu masyarakat, sejumlah perusahaan yang termasuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN), menyelenggarakan program tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR). Dengan menyalurkan dana sebesar Rp. 5,3 triliun, kepada hampir 450 ribu Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Dikarenakan jumlah UKM yang mencapai 48,92 juta, BUMN membutuhkan konstribusi dari perusahaan swasta, untuk membantu pengusaha UKM yang belum terjangkau.

Berdasarkan penelitian pada 2007, diketahui jumlah pelaku UKM telah mencapai 99.98 persen dari total pelaku usaha. Dalam hal ini, UKM juga telah memiliki konstribusi yang sangat besar, dalam penyerapan tenaga kerja.

Pada 2006, UKM mampu menyerap 85,47 juta tenaga kerja. Jumlah ini, merupakan 96,18 persen dari total tenaga kerja di Indonesia. Dibandingkan dengan 2005, jumlah tersebut naik sebesar 2,2 juta pekerja atau naik 2,6 persen.

Dari total pendapatan domestik bruto nasional, UKM telah menyumbang Rp. 1.778,75 triliun atau sebesar 53,3 persen. Bila dibandingkan dengan 2005, pada 2006 mengalami peningkatan sebesar Rp. 287,69 triliun.

Menteri Negara Koperasi dan UKM, Suryadharma Ali berpendapat bahwa, berdasarkan skala usaha, sumber pendapatan domestik bruto nasional lebih banyak dari UKM. Dia juga menambahkan, “semoga UKM menjadi pilar ekonomi nasional di masa mendatang”.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s